Kebijakan Editorial

Proses Peer Review

Publikasi artikel dalam JTS ITP semata-mata tergantung pada validitas ilmiah hasil review editor dan / atau reviewer kami, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut memberi kontribusi yang bermanfaat dalam bidang Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP mengakui upaya dan saran yang dibuat oleh reviewer.

Kebijakan review :

Setiap naskah yang diajukan pada Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP akan ditinjau oleh oleh dua reviewer. Reviewer tidak  menyadari identitas penulis, dan sebaliknya penulis juga  tidak menyadari identitas reviewer. Proses peer review akan mempertimbangkan hal-hal baru, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.

Evaluasi awal naskah:

Editor akan mengevaluasi semua naskah yang dikirimkan. Tidak tertutup kemungkinan artikel yang melampaui standar jurnal kami layak diterima pada tahap ini tanpa proses review. Artikel yang ditolak pada tahap ini adalah yang tidak cukup orisinal (lihat turnitin), memiliki kelemahan ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP.  Artikel yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke tahap berikutnya yaitu tahap peer-review (blind) untuk ditinjau.

Jenis Peer Review:

Naskah yang dikirim akan ditinjau oleh dua reviewer yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah tersebut baik secara ilmiah dan koheren, apakah terhindar dari duplikasi karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah tersebut cukup jelas untuk diterbitkan. Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP mengadopsi metoda Blind Peer Review. 

Laporan Reviewer

  • Reviewer diminta untuk mengevaluasi naskah: Apakah artikel orisinal dengan menyatakan tujuan dan research gap dengan jelas?; Apakah metodologi memenuhi kriteria? ; Apakah artikel mengikuti pedoman etika penulisan ilmiah yang sesuai?; Apakah artikel memiliki hasil / temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan?; Apakah Referensi yang dicantumkan dalam artikel relevan dan benar?
  • Reviewer tidak diharapkan memperbaiki atau menyalin naskah.
  • Koreksi bahasa bukan bagian dari proses peer review.

Keputusan

Reviewer memberikan saran kepada editor, sebagai penanggungjawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah. Redaksi akan mengeluarkan keputusan akhir berdasarkan laporan reviewer tersebut dan, jika perlu, editor akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor bersifat final.

Menjadi Reviewer

Jika saat ini Anda bukan reviewer untuk Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP, tetapi ingin ditambahkan ke daftar reviewer, silakan hubungi kami. Manfaat bergabung sebagai reviewer untuk JTS ITP mencakup kesempatan anda untuk melihat dan mengevaluasi perkembangan terbaru di bidang penelitian, dan untuk diakui dalam daftar reviewer kami. Anda juga dapat mengutip kontribusi pekerjaan review Anda di JTS ITP sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda.

Manajemen Referensi

Setiap artikel yang dikirimkan ke Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP disarankan menggunakan perangkat lunak manajemen referensi Mendeley lihat http://www.mendeley.com untuk informasi detail.

Copy Editing dan Proofreading

Setiap naskah yang diterima oleh JTS ITP akan diperiksa similarity index menggunakan turnitin untuk memastikan artikel tersebut orisinil. Artikel disunting oleh Dewan Editorial JTS ITP sebelum artikel diterbitkan.

FOKUS DAN RUANG LINGKUP

Tujuan penerbitan Jurnal Teknik Sipil ITP adalah: (1) untuk menjadi wadah publikasi artikel ilmiah nasional di bidang teknik sipil serta (2) menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian civitas akademika di bidang teknik sipil ke level nasional. Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP mengakomodasi pemaparan informasi ilmiah dalam bentuk artikel penelitian, artikel teknis, artikel konseptual, ataupun artikel laporan studi kasus yang sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal ini. Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP  menerbitkan dua volume per-tahun,  Edisi Januari dan Juli . Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP  memuat artikel terkait:

  • ilmu rekayasa struktur dan material, 
  • ilmu pondasi dan tanah pendukung,
  • ilmu rekayasa hydro dan bangunan air, 
  • ilmu rekayasa transportasi dan perkerasan jalan, 
  • ilmu manajemen konstruksi, serta 
  • ilmu pengukuran dan pemetaan.

KEBIJAKAN BAGIAN

ARTIKEL

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

KEBIJAKAN PLAGIARISME DAN RETRAKSI JTS ITP

Dewan Editor Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) setelah mengidentifikasi plagiarisme / kesamaan dalam artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP. Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP akan menggunakan perangkat lunak pengecekan orisinalitas Turnitin sebagai alat dalam mendeteksi kesamaan teks dalam naskah artikel dan artikel versi final yang siap untuk dipublikasikan. Maksimal 30% kesamaan diizinkan untuk kertas yang dikirimkan. Jika kami menemukan lebih dari 30% dari indeks kesamaan, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dan dikirim kembali.

Kebijakan: Makalah harus asli, tidak diterbitkan, dan tidak menunggu publikasi di tempat lain. Bahan apa pun yang diambil kata demi kata dari sumber lain harus secara jelas diidentifikasi sebagai berbeda dari teks asli ini dengan (1) indentasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber. Setiap teks dengan jumlah yang melebihi standar penggunaan wajar atau materi grafis yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli dan juga membutuhkan identifikasi sumber, atau merujuk dari publikasi sebelumnya. Ketika plagiarisme diidentifikasi, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab atas peninjauan makalah ini dan akan menyetujui langkah-langkah sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi dalam makalah tersebut dalam perjanjian.

Editor Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP akan mempertimbangkan untuk menarik kembali publikasi jika: Terbukti bahwa temuan tersebut tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan perilaku (misal pembuatan data) atau kesalahan jujur (misal kesalahan perhitungan atau kesalahan eksperimental) temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa referensi silang yang tepat, izin atau justifikasi (misal kasus publikasi yang berlebihan) yang merupakan plagiarism dan melaporkan penelitian yang tidak etis. Editor Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP akan mempertimbangkan mengeluarkan pernyataan keprihatinan jika: menerima bukti penelitian yang tidak meyakinkan atau kesalahan publikasi oleh penulis ; ada bukti bahwa temuan tidak dapat diandalkan tetapi lembaga penulis tidak akan menyelidiki kasus ini; mereka percaya bahwa investigasi terhadap dugaan pelanggaran yang terkait dengan publikasi belum atau tidak, adil dan tidak memihak; Editor Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP akan mempertimbangkan mengeluarkan koreksi jika: sebagian kecil dari publikasi yang dinyatakan andal terbukti menyesatkan (terutama karena kesalahan jujur); daftar penulis / kontributor salah (misal penulis yang layak telah dihilangkan atau seseorang yang tidak memenuhi kriteria kepengarangan telah dimasukkan) . Mekanisme ini mengikuti pedoman dari Komite Etika Publikasi.

BIAYA PENULIS

Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pemrosesan artikel, pengiriman, maupun meninjau artikel.

Di bawah kondisi yang disebutkan di atas, kami mengesampingkan sepenuhnya bagi penulis dari negara-negara berkembang jika mereka perlu menyerahkan makalah ke  Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP.

Namun, jika penulis atau pihak lain memerlukan cetakan / salinan jurnal, maka IDR 200.000 / Artikel harus dibayarkan untuk pencetakan dan penjilidan.

Silakan kirim email kepada kami yang menyatakan minat Anda pada salinan cetak dan terima rincian lebih lanjut.

FREKUENSI PENERBITAN

Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP diterbitkan dua kali setahun. Jadwal publikasi berada di semester pertama (edisi Juli) dan di semester kedua (edisi Januari) setiap tahunnya.

KEBIJAKAN AKSES TERBUKA

Jurnal Teknik Sipil ITP ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip membuat penelitian tersebut tersedia secara bebas untuk publik  serta mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. 

Manfaat akses terbuka bagi penulis, meliputi:

  • Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia.
  • Penulis dapat mempertahankan hak cipta hasil kerja nya
  • Meningkatkan visibilitas dan jumlah pembaca
  • Publikasi cepat Tanpa kendala spasial.

Artikel dapat langsung dibaca, diunduh, dan dimanfaatkan oleh publik begitu artikel tersebut terbit. Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP tidak menerapkan embargo untuk akses tersebut, ataupun mewajibkan berlangganan untuk dapat mengakes artikel yang telah diterbitkan.

Ketentuan pada Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP adalah: memiliki hak cipta, tidak ada hak penerbitan ekslusif dan tidak ada pengalihan hak komersial.

PENGARSIPAN

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi (Lanjut...). Arsip disimpan di server repositori ITP.  Selanjutnya JTS ITP juga mengimplementasikan fungsi pelestarian  Jaringan PKP Private LOCKSS Network (PLN). Semua layanan penyimpanan arsip yang disebutkan di atas sebagian besar berbasis perangkat lunak sumber terbuka dan terdaftar sebagai penyedia data OAI-PMH di http://www.openarchives.org/