Analisis Potensi Bahaya Jalan Yomani Kabupaten Tegal Menggunakan Metode HIRARC
DOI:
https://doi.org/10.21063/jts.2025.V1202.0206-214Keywords:
inspeksi keselamatan, peralatan jalanAbstract
Objek wisata Guci merupakan salah satu destinasi favorit dengan akses utama melalui Jalan Simpang Yomani-Tanjakan Clirit, yang merupakan jalan kabupaten dengan dua lajur dan dua jalur tak terbagi (2/2 UD). Jalan ini didominasi tanjakan dan turunan, termasuk Tanjakan Clirit yang cukup curam, sehingga memerlukan perhatian khusus untuk meningkatkan keselamatan. Penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi penanganan permasalahan di ruas jalan tersebut guna meminimalkan risiko kecelakaan, dengan fokus pada kondisi perkerasan, fasilitas jalan, serta alinyemen vertikal dan horizontal. Penelitian ini menggunakan metode analisis HIRARC berdasarkan manajemen risiko AS/NZS 4360:2004, dengan pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu data primer dan sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa ruas jalan Simpang Yomani-Tanjakan Clirit sepanjang 7,6 km ini memiliki lebar efektif 6 m dan bahu jalan 1,3 m. Alinyemen vertikal tertinggi terdapat pada 6,8 km dengan kemiringan 14,71% sepanjang 100 m. Ditemukan berbagai masalah seperti rambu lalu lintas yang rusak, marka jalan pudar, dan pagar pengaman yang memerlukan perbaikan. Segmen 1 dan 2 dikategorikan sebagai risiko sedang, sementara segmen 3 dan 4 termasuk dalam kategori risiko tinggi. Penanganan yang direkomendasikan meliputi penambahan rambu peringatan, alat pengendali dan pengaman jalan di lokasi berbahaya, serta redesain geometrik jalan sesuai standar yang berlaku.
References
Awaliani, D., 2024. Pemetaan Keruskan Jalan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Telsinas Elektro, Sipil dan Teknik Informasi 7, 1–13. https://doi.org/10.38043/telsinas.v7i1.4876
Bolla, M.M.B., 2013. Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Ruas Jalan Timur Raya Kota Kupang). Jurnal Teknik Sipil II, 147–156.
Eviza, V., 2022. Pengaruh Geometrik Jalan Terhadap Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Civil and Planning Engineering, Bung Hatta University 1, 1–2.
Hadi, M.R., 2024. Analisa Derajat Kejenuhan , Perlengkapan Jalan , dan Nilai 24, 2506–2515. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5550
Irsyad, M.R., 2024. Analisis Keselamatan Jalan Dengan Pendekatan Audit Keselamatan Jalan Pada Jalan Lokal Di Kota Tegal. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur 29, 81–86. https://doi.org/10.36728/jtsa.v29i2.3845
Monoarfa, V., Miolo, R.N.B., 2022. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Menggunakan Metode HIRARC Pada UMKM Pabrik Tahu. Jurnal Pengabdian Ekonomi 02, 1–6.
Oktaviandini, R., 2023. Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Di Sepanjang Ruas Jalan Menuj U Obyek Wisata 10, 675–682.
Oktopianto, S., 2021. Analisis Daerah Lokasi Rawan Kecelakaan Jalan Tol 8, 26–37. https://doi.org/10.46447/ktj.v8i1.301
Siswoyo, S., 2024. Identifikasi Kerusakan Jalan Metode Pci Studi Kasus Di Ruas Jalan Kabupaten Gresik. Menara: Jurnal Teknik Sipil 19, 71–82. https://doi.org/10.21009/jmenara.v19i1.37398
Suryomukti, M., Saragih, Y., 2024. Analisis Risiko di Area Switchyard PT.PLN Gardu Induk Kosambi Menggunakan Metode HIRARC. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan 5, 1–11. https://doi.org/10.14710/jebt.2024.22625
Ulimaz, A., 2022. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Stasiun Loading Ramp dengan Metode HIRARC di PT. XYZ. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi 1, 268–279. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.573
Widhiastuti, A.N., 2024. Analisis Geometri dan Perlengkapan Jalan Di Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Bojonegoro – Babat (Sta 13+000 S/D 14+000). Jurnbal Cahaya Mandalika 994–1016.