Analisis Kualitas Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Waai Maluku Tengah Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.21063/jts.2025.V1201.070-079Kata Kunci:
pelabuhan, kualitas pelayanan , Importance Performance AnalysisAbstrak
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ambon merupakan salah satu pelayanan jasa penyeberangan dengan menggunakan kapal ferry. Pelabuhan Penyeberangan Waai ini menghubungkan Pulau Ambon dan beberapa lainnya (Haruku, Saparua dan Nusa Laut). Penyeberangan Waai di Maluku Tengah belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan akan pelayanan yang baik, terutama dalam aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Selain itu pelabuhan Waai juga masih memiliki masalah dalam kondisi prasarana yang kurang terawat dan minimnya fasilitas penunjang. Oleh karena itu, penting untuk mengukur kredibilitas dari masalah yang telah diuraikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan pada pelabuhan penyeberangan Waai. Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengukur kualitas jasa berdasarkan lima dimensi kualitas jasa (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles). Metode pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada para pengguna jasa di pelabuhan penyeberangan Waai. Importance Performance Analysis (IPA) dihitung untuk menentukan kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pelabuhan penyeberangan Waai memperoleh hasil pengukuran nilai GAP berdasarkan dimensi tangibles -1,18, reliability -0,33, responsiveness -0,63, assurance -2,84 dan emphaty -1,86 yang semuanya dilihat pada nilai rata-rata GAP 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara harapan atau presepsi penumpang dengan kualitas layanan di Pelabuhan Penyeberangan Waai pada semua dimensi yang diukur.
Referensi
Delima, M., Puspitasari, D., 2017. Analisis Kepuasan Pelanggan pada Bengkel CS Knalpot Semarang dengan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance-performance Analysis (IPA). Industrial Engineering Online Journal 6.
Febrianti, A., Indriani, S., Adriantantri, E., 2021. Pengukuran Kepuasan Penumpang terhadap Pelayanan Jasa Penyeberangan Laut dengan Metode Service Quality Dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Singkil). Jurnal Valtech 4, 29–35. https://doi.org/10.36040/valtech.v4i1.3327
Humang, W.P., Zulfadly, A., 2016. Analisis Keterpaduan Moda Transportasi Angkutan Penyeberangan Dengan Jalan Raya di Pelabuhan Bajoe Kab. Bone. JIIT 1, 27. https://doi.org/10.51557/pt_jiit.v1i1.56
Jazuli, M., Samanhudi, D., 2020. Analisis Kualitas Pelayanan dengan Servqual dan Importance Performance Analysis di PT. XYZ. Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi 01, 67–75.
Permen No 62 Tahun 2019, 2019. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor 62 Tahun 2019 tentang Pembangunan Hutan Tanaman Industri.
Permenhub No. 39 Tahun 2015, 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan.
Putra, A.A., Djalante, S., 2016. Road Development Strategy Based on Potential Agricultural Sector. International Journal of Research Civil Engineering, Architectur & Design 4, 22–32.
Saputra, F., Shiu, Y.-L., Chen, Y.-C., Puspitasari, A.W., Danata, R.H., Liu, C.-H., Hu, S.-Y., 2016. Dietary supplementation with xylanase-expressing B. amyloliquefaciens R8 improves growth performance and enhances immunity against Aeromonas hydrophila in Nile tilapia (Oreochromis niloticus). Fish Shellfish Immunol 58, 397–405. https://doi.org/10.1016/j.fsi.2016.09.046
Siswanto, H.W., 2018. Pendidikan budaya bahari memperkuat jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27, 204–222. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i2.14096
Sugiyono, 2019. Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian tindakan), 3rd ed. Alfabeta, Bandung.
UU No. 17 Tahun 2008, 2008. Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.