Evaluasi Kerusakan Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan R.A. Kartini, Kabupaten Buton Tengah)
DOI:
https://doi.org/10.21063/jts.2025.V1201.080-087Kata Kunci:
perkerasan, PCI, survei, tingkat kerusakanAbstrak
Perkerasan jalan lentur merupakan salah satu bagian dari prasarana transportasi darat yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya. Struktur perkerasan lentur terdiri dari lapisan pondasi bawah, lapis pondasi, dan lapis permukaan. Susunan lapis perkerasan ini berfungsi untuk menerima beban kendaraan dan menyebarkannya ke lapisan yang ada di bawahnya. Bobot kendaraan ini dilimpahkan ke perkerasan jalan melintasi roda kendaraan yang berupa beban terbagi rata, dan akan disambut oleh lapisan permukaan dan disebarkan ke tanah dasar sebagai beban yang makin kecil terhadap daya dukung tanah dasar. Dalam penelitian ini, informasi kondisi kerusakan jalan diperoleh dengan cara melakukan survei secara visual yang selanjutnya dikelompokkan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya untuk digunakan sebagai dasar dalam melakukan kegiatan penanganan selanjutnya. Dalam mensurvei kondisi aspal jalan, terdapat sebuah cara yang digunakan secara luas dan diterima oleh banyak negara, yaitu metode Pavement Condition Index (PCI). Cara ini dapat menilai kondisi aspal dengan menunjukkan jenis kerusakan, tingkat keparahan kerusakan dan jumlah ukuran kerusakan. Sehingga bisa dilakukan optimalisasi kegiatan pemeliharaan dan rehabilitasi terhadap ketersediaan dana yang dibutuhkan untuk penanganan kondisi perkerasan jalan. Dari hasil penelitian pada Ruas jalan R.A kartini Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara, diperoleh jenis kerusakan jalan antara lain retak kulit buaya, retak blok, amblas, tambalan, lubang dan pelepasan butir. Tingkat kerusakan jalan yaitu sebesar 60,9 (jalan dikategorikan baik).
Referensi
Biriansyah, M.A., Dardak, A.H., 2022. Analisis Kondisi Kerusakan Permukaan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dengan Metode Pci (Pavement Condition Index). Jurnal ARTESIS 2, 26–31. https://doi.org/10.35814/artesis.v2i1.3757
Hamdani, U.Y., 2019. Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) 22, 1–23. https://doi.org/10.35793/jts.v22i88.55380
Maliq, T.M., Kriswardhana, W., Trisiana, A., Supriono, L., 2022. JURNAL REKAYASA SIPIL DAN LINGKUNGAN Analisa Kerusakan Jalan pada Lapis Permukaan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Analysis of Road Damage Conditions on Flexible Pavement Using Pavement Condition Index (PCI) Method (Case Stu 4, 56–66. https://doi.org/10.19184/jrsl.v6i1.31724
Pasiak, I.S., Waani, J.E., Sendow, T.K., 2020. Evaluasi Struktur Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus: Ruas Jalan Airmadidi-Kairagi) Sta 8+193,64-Sta 11+193,64. Jurnal Sipil Statik 8, 545–554.
Santosa, R., Sujatmiko, B., Krisna, F.A., 2021. Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Kecamatan KapasKabupaten Bojonegoro). Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil 04, 104–111. https://doi.org/10.25139/jprs.v4i2.4196
Yunardhi, H., 2018. Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Ruas Jalan D.I. Panjaitan). Jurnal Teknologi Sipil 2, 38–47. http://dx.doi.org/10.30872/ts.v2i2.2187