Kebutuhan Internet of Things dalam meningkatkan pelayanan di Terminal Tipe B Baruga Kendari
DOI:
https://doi.org/10.21063/jts.2024.V1101.065-69Kata Kunci:
transportasi , Internet of Things (IoT) , Pelayanan , Terminal BarugaAbstrak
Terminal Baruga Kendari merupakan salah satu simpul transportasi dan menjadi salah satu pembentuk tata ruang di Kota Kendari. Terminal yang dibangun seharusnya mampu mendorong mobilitas pergerakan orang dan barang serta mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah, namun Terminal Baruga tidak berfungsi secara optimal. Hal ini turut mendorong perlunya penerapan Internet of Things (IoT) untuk mendorong fungsi terminal Baruga menjadi lebih optimal dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasi dan memberikan analisis mengenai kebutuhan Internet of Things (IoT) dalam pelayanan transportasi di Terninal Baruga Kendari. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif di mana informan dipilih secara purposive yaitu menggunakan pertimbangan bahwa mereka memahami permasalahan dalam penyelenggaraan transportasi di Terminal Baruga Kendari. Penelitian telah dilaksanakan selama sebulan yaitu pada September 2023. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan Iot sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan transportasi di Terminal Tipe B Baruga Kendari baik dalam mengatasi beberapa permasalahan terkait data-data angkutan serta rendahnya kinerja operasional maupun mendorong kualitas pelayanan transportasi yang lebih baik lagi.
Referensi
Basri, F., 2002. Perekonomian Indonesia : Tantangan dan Harapan bagi Kebangkitan Ekonomi Indonesia. Erlangga, Jakarta.
Calderón, C., Moral-Benito, E., Servén, L., 2011. Is infrastructure capital productive? A dynamic heterogeneous approach. Journal of Applied Econometrics 30, 177–198. https://doi.org/10.1002/jae.2373
Datunsolang, R.A., Kindangen, J.I., Rogi, O.H.A., 2020. Kajian Penempatan Titik-Titik Terminal Tipe A, B, dan C di kabupaten Bolaang Mongondow Timur. SPASIAL 7, 252–258. https://doi.org/10.35793/sp.v7i2.30838
Hasina, H., Satyadharma, M., 2023. Strategi Pengembangan Fungsi Terminal Penumpang Tipe B Di Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho 6, 246–256. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i1.112
Kadarisman, M., Gunawan, A., Ismiyati, I., 2016. Kebijakan Manajemen Transportasi Darat Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Masyarakat Di Kota Depok. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG) 3, 41. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v3i1.140
Khotimah, K., Purwanto, E., 2023. Digitalisasi Sistem Informasi Pelayanan Angkutan Perkotaan Transpatriot di Kota Bekasi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3, 3066–3080.
Lestari, P.D., Karlitasari, L., Maryana, S., 2021. Pengendali Pintu Gerbang Berbasis IoT (Internet of Things). Bisnis dan Komputer 1, 62–69.
Megawati, S., Lawi, A., 2021. Pengembangan Sistem Teknologi Internet of Things Yang Perlu Dikembangkan Negara Indonesia. Journal of Information Engineering and Educational Technology 5, 19–26. https://doi.org/10.26740/jieet.v5n1.p19-26
Oetomo, H.W., Ardini, L., 2012. SWOT Analysis in Strategic Management: a Case Study at Purabaya Bus Station. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura 15, 171–186. https://doi.org/10.14414/jebav.v15i2.73
Pratama, A., Judiantono, T., 2021. Optimalisasi Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota 1, 115–129. https://doi.org/10.29313/jrpwk.v1i2.381
Ralahalu, K.A., Y., J., D., S., Sihaloho, A., 2013. Pembangunan Transportasi Kepulauan di Indonesia. Penerbit Brilian Internasional, Surabaya.
Setiawan, N.S., Muliasari, A., Wirawan, A., 2022. Digitalisasi Sistem Informasi Manajemen Management Information System in Salatiga City.
UU No 22, 2009. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.