Pemasangan HDPE Jacket pada Tiang Pancang Jalan Tol Bali Mandara sebagai Proteksi Korosi

Penulis

  • I Gusti Ngurah Putu Dharmayasa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pendidikan Nasional https://orcid.org/0009-0002-5853-6564
  • I Nengah Riana Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Made Fibri Sugianitri Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Wayan Sukadana Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.21063/jts.2024.V1101.017-25

Kata Kunci:

HDPE jacket, anti korosi , tiang pancang , Jalan Tol Bali Mandara

Abstrak

Jalan tol merupakan jalan umum nasional yang memerlukan pembayaran bagi penggunaannya. Pembangunan jalan tol dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan distribusi barang dan jasa yang mendukung pertumbuhan ekonomi, mendukung pembangunan yang merata dan adil, serta memperlancar lalu lintas. Jalan Tol Bali Mandara adalah jalan tol pertama di Bali yang dibangun di atas laut. Oleh karena itu, perawatan khusus pada fondasi tiang pancang, terutama pada sambungan tiang pancang, diperlukan karena struktur fondasinya berada pada zona percikan (splash zone) dan zona pasang surut (tidal zone). Perawatan khusus pada tiang pancang jalan tol perlu dilakukan untuk melindungi sambungan tiang pancang dari korosi, salah satunya dengan memasang lapisan HDPE jacket pada tiang pancang. Pekerjaan pemasangan HDPE jacket di Jalan Tol Bali Mandara dibagi menjadi 8 tahapan, yaitu: persiapan, pembersihan, pendempulan, penggantian pelat baja sambungan tiang pancang, pemasangan material primer atau petroleum paste, pemasangan petrolatum tape, pemasangan HDPE, dan tahap pembersihan akhir. Dalam pekerjaan pemasangan HDPE jacket pada Jalan Tol Bali Mandara, digunakan 3 bahan penting, yaitu petroleum paste sebagai lapisan dalam, petrolatum tape sebagai lapisan kain bukan tenunan yang berisi pasta anti-korosi, serta HDPE jacket sebagai lapisan paling luar (outer cover). Material-material ini digunakan untuk memberikan perlindungan dari korosi pada tiang pancang yang terletak di zona percikan air (splash zone) dan zona pasang surut (tidal zone). Dengan memasang HDPE jacket pada semua sambungan tiang pancang yang ada di Jalan Tol Bali Mandara, maka tiang-tiang pancang tersebut dapat terlindungi dengan baik, sehingga dapat mempertahankan kekuatan dan umur rencana dari Jalan Tol Bali Mandara.

Referensi

Acosta, J., Cairns, A., & King, P. (2004). Pile Wrap Evaluation Study. In Ports 2004: Port Development in the Changing World (pp. 1-10).

Ahmad, F. S. (2022). Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 11(1), 1-18.

Andarini, M. E., & Prastyanto, C. A. (2020). Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) STA 26+ 800–STA 41+ 939 dengan Jenis Perkerasan Kaku. Jurnal Teknik ITS, 8(2), E129-E134.

Andika, I. B. M. B., Kusmana, C., & Nurjaya, I. W. (2019). Dampak pembangunan jalan tol Bali Mandara terhadap ekosistem mangrove di Teluk Benoa Bali. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 9(3), 641-657.

BPJT. (2022). Tujuan dan Manfaat Penyelenggaraan Jalan Tol. https://bpjt.pu.go.id/konten/jalan-tol/tujuan-dan-manfaat

Fakhurozi, A., Ningrum, A. D., & Amanda, R. (2020). Kajian Studi Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (Jtts) Terhadap Infrastuktur Dan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 4(1), 14-29.

Guntur & Meilinda. (2021). Pemeriksaan Sistem Proteksi Tiang Pancang Dermaga di Banten. Prosiding Diseminasi Fakultas Teknologi Industri. Bandung: Itenas.

Hermawan, R. (2009). Kaji ulang penentuan tarif dan sistem penggolongan kendaraan jalan tol di Indonesia. Jurnal Teknik Sipil, 16(2), 95-101.

Huang, Y., & Chen, J. (2012). The Development of an Anti-corrosion Wrapping Tape and its Corrosion Protection Effect Evaluation on Mild Steel in Marine Splash Zone. International Journal of Electrochemical Science, 7, 7121 – 7127.

Indonesia, R. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Jakarta: Pemerintah RI.

Kemenkeu. (2022). Wamenkeu: Pembangunan Jalan Tol Berikan Manfaat Langsung bagi Masyarakat. https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Pembangunan-Jalan-Tol-Berikan-Manfaat

Mardianti, A., Mahdie, F., & Sari, N. M. (2019). Kemampuan Amplas Menghaluskan Permukaan Kayu Lapis di PT. Surya Satrya Timur Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Sylva Scienteae, 1(1), 22-29.

Mastari, K., & Suryawana, I. B. (2020). Dampak Pembangunan Jalan Tol Bali Mandara Terhadap Aktivitas Wisata di Ekowisata Kampoeng Kepiting, Tuban Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(1), 134-140.

Melchers, R. E., & Jeffrey, R. (2012). Corrosion of long vertical steel strips in the marine tidal zone and implications for ALWC. Corrosion Science, 65, 26–36. https://doi.org/10.1016/j.corsci.2012.07.025

Perpro. (2020). HDPE Jacket Wrapping | Products | Perintis Proteksi. PERPRO Anti Corrosion Company. https://www.perintis-proteksi.com/Products/HDPE-JACKET-WRAPPING.html

Pribadi, A.(2018). Identifikasi Tingkat Kerusakan Sebagai Bagian Dari Perbaikan Bangunan Pada Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Muara Fajar Kota Pekanbaru. Civil Engineering and Environmental Symposium 2018. Yogyakarta

PT. Anugrah Kita. (2014). Jacketing HDPE. https://anugrahkita.co.id/id/information/7-jacketing-hdpe.html

Qu, W., Huang, Y., Yu, X., Zheng, M., & Lu, D. (2015). Effect of Petrolatum Tape Cover on the Hydrogen Permeation of AI-SI4135 Steel under Marine Splash Zone Conditions. Int. J. Electrochem. Sci, 10, 5892-5904.

Solehudin, A., Permana, E., Sukrawan, Y., Supriawan, D., & Sulaeman. (2018). Pembuatan Alat Simulasi Proteksi Katodik Untuk Steel Pile di Zona Air Laut. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-22

Cara Mengutip

Dharmayasa, I. G. N. P., Riana, I. N. ., Sugianitri, N. M. F. ., & Sukadana, I. W. . (2023). Pemasangan HDPE Jacket pada Tiang Pancang Jalan Tol Bali Mandara sebagai Proteksi Korosi. Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.21063/jts.2024.V1101.017-25