Studi Analisis Dampak Lalulintas terhadap Pembangunan Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Penulis

  • Wilton Wahab Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang
  • Momon Momon Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat
  • Andi Mulya Rusli Dirjen Bina Marga, Kementrian Pekerjaan Umum, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21063/jts.2022.V902.07

Kata Kunci:

andalalin, volume lalulintas, kinerja ruas jalan, sirkulasi lalulintas

Abstrak

Universitas Negeri Padang (UNP) saat ini sedang melakukan pengembangan kawasan berupa pembangunan gedung Fakultas Teknik. Hal ini tentu akan mempengaruhi traffic di kawasan kajian, karena akses utama kampuis ini berada di ruas jalan nasional Prof. Dr. Hamka, Kelurahan Air Tawar, Kecamatan Padang Utara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak lalulintas akibat pengembangan kawasan tersebut dan memberikan rekomendasi teknis untuk diterapkan saat masa konstruksi. Metode analisis yang dilakukan meliputi analisis bangkitan perjalanan, analisis kinerja ruas jalan, dan analisis penanganan dampak lalulintas pada masa konstruksi dan pasca konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi potensi penurunan kinerja ruas jalan pada masa konstruksi dibandingkan sebelum masa konstruksi dengan potensi konflik di dua pintu gerbang. Kinerja ruas jalan Prof. Hamka sebelum konstruksi sebesar 0,75-0,84, ruas jalan Belibis sebesar 0,16 dan ruas jalan Cenderawasih sebesar 0,42. Untuk kinerja ruas jalan Prof. Hamka masa konstruksi sebesar 0,77-0,85, ruas jalan Belibis sebesar 0,16 dan ruas jalan Cenderawasih sebesar 0,43. Sedangkan kinerja ruas jalan Prof. Hamka pasca konstruksi sebesar 0,80-0,90, ruas jalan Belibis sebesar 0,17 dan ruas jalan Cenderawasih sebesar 0,45. Potensi konflik lalulintas akan terjadi di pintu gerbang 1, pintu gerbang 2, U-Turn Utara, dan U-Turn Selatan, sedangkan pada ruas jalan Belibis dan Cendrawasih diperkirakan tidak terjadi potensi titik konflik. Berdasarkan hasil analisis direkomendasikan penanganan dampak lalulintas selama masa konstruksi, di antaranya dengan menyediakan fasilitas parkir pekerja dan kendaraan konstruksi, mengatur rute pengangkutan dan penumpukan bahan material, mengatur kelancaran sirkulasi arus lalulintas konstruksi, mengaturan jadwal pengangkutan material, mengatur tata cara pengangkutan material, membersihkan ban kendaraan pengangkut material dari kotoran yang melekat, mengatur tata cara pengangkutan alat berat, menutup lokasi konstruksi, menyediakan perlengkapan dan fasilitas keamanan, memasang rambu-rambu, marka dan fasilitas perlengkapan sementara, serta menyelenggarakan manajemen dan keselamatan lalulintas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak yang berkepentingan.

Referensi

Direktorat Jenderal Bina Marga Republik Indonesia. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.

Firdaus, O. (2017). Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) Kawasan Kampus Universitas Bangka Belitung. Proceedings of National Colloquium Research and Community Service, 1. https://doi.org/10.33019/snppm.v1i0.560

Highway engineering. (1998). Highways and Transportation: Journal of the Institution of Highways and Transportation & HTTA. The Institution.

Jamani, W. Y., Hasyim, H., & Rohani, R. (2016). Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Akibat Pembangunan Rumah Sakit Graha Ultima Medika: Traffic Impact Analysis Result the Construction of Graha Ultima Medika Health Care Centre. Spektrum Sipil, 3(1), 81–91.

Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 17 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Penyelenggaraan Analisa Dampak Lalulintas. Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2011 Tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisa Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalulintas Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 75 Tahun 2015 Tentang Pelaksanaan Penyelenggaraan Analisa Dampak Lalulintas. Jakarta.

Rahman, A., Machsus, M., Mawardi, A. F., & Basuki, R. (2018). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Puncak Dharmahusada Surabaya. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 16(2), 69–76. https://doi.org/10.12962/j2579-891X.v16i2.3833

Rantung, T., Sompie, B. F., & Jansen, F. (2015). Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Lippo Plaza Kairagi Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 5(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jime/article/view/9825

Roza, A., Wahab, W., & Prices, A. P. (2020). Studi Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kampus II Institut Teknologi Padang (Studi Kasus Jalan Dpr Air Pacah Kota Padang). Racic : Rab Construction Research, 5(2), 100–114. https://doi.org/10.36341/racic.v5i2.1551

Styawan, A., Sp, Y. C., & Ridwan, A. (2019). Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 2(2), 190. https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.511

Tamin, O. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua—ITB Press. ITB Press.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Wahab, W., Momon, M., & Rusli, A. M. . (2022). Studi Analisis Dampak Lalulintas terhadap Pembangunan Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang . Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang, 9(2), 7. https://doi.org/10.21063/jts.2022.V902.07